IHT ke-12: Reviu Laporan Keuangan dan Pengadaan Barang / Jasa

JEMBER – Pada tanggal 19 – 22 April 2021, Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Jember melakukan kegiatan peningkatan kompetensi auditor internal  dengan tema Reviu Laporan Keuangan dan Audit Atas Pengadaan Barang/Jasa. Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari Yayasan Pendidikan Internal Auditor (YPIA). Acara diawali dengan sambutan dan pembukaan oleh Rektor Universitas Jember, Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng, yang dilanjutkan dengan sambutan dari YPIA. Peserta pada kegiatan ini diikuti oleh 17 orang, yang terdiri dari Ketua dan Sekretaris SPI, Ketua Divisi, Staf dan Auditor Internal SPI Universitas Jember.

Pada hari pertama dan kedua membahas mengenai teori dan praktik reviu laporan keuangan organisasi sektor publik, khususnya pada Perguruan Tinggi Negeri. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk teori konsepsi reviu laporan keuangan, tahapan dalam reviu laporan keuangan, pelaporan hasil reviu, serta tindak lanjut hasil reviu laporan keuangan. Sedangkan pada hari ketiga dan keempat khusus membahas mengenai teori dan tata cara dalam audit pengadaan barang dan jasa, yang meliputi konsep pengadaan barang dan jasa, konseps audit internal pengadaan barang dan jasa, perencanaan dan pelaksanaan audit pengadaan barang dan jasa, serta pelaporan hasil audit pengadaan barang dan jasa.

Sekretaris SPI, Dr. Ir. Krisnamurti, M.T., mengatakan bahwa adanya kegiatan ini sangat mendukung kompetensi auditor internal dalam menjalankan tugasnya, khususnya pada saat reviu laporan keuangan dan audit pada bidang pengadaan barang dan jasa. Lebih lanjut, Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd., Ketua Divisi Pengadaan Barang dan Jasa mengungkapkan bahwa adanya pelatihan ini banyak memberikan informasi khususnya aturan baru dalam pengadaan barang dan jasa. Hal senada diungkapkan oleh Galih Wicaksono, S.E., M.Si., Akt., CA., Ketua Divisi Keuangan, yang menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan kontribusi positif untuk peningkatan kapasitas auditor internal dalam menjalankan tugas mereviu laporan keuangan, dari tahap awal sampai dengan pelaporan hasil reviu.